You are currently viewing Rapat Ketenagaan di Aula 1 BPBD Provinsi Kalimantan Selatan

Rapat Ketenagaan di Aula 1 BPBD Provinsi Kalimantan Selatan

Selasa (4/6) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan rapat ketenagaan di Aula 1. Rapat ini dihadiri oleh Sekretaris BPBD, kepala Bidang, serta perwakilan karyawan. Agenda utama rapat ini adalah untuk membahas isu-isu ketenagaan, evaluasi kinerja, serta penyusunan rencana strategis ke depan.

I. Pendahuluan

Rapat dibuka oleh Sekretairs BPBD Provinsi Kalsel, Bapak Iswantoro, S.Kp., MM, yang menyampaikan pentingnya pertemuan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja di BPBD. Beliau juga menekankan perlunya sinergi dan kolaborasi yang lebih baik antar bidang untuk mencapai tujuan bersama.

II. Agenda Rapat

  1. Evaluasi Kinerja Semester Pertama 2024:
    • Presentasi hasil kinerja oleh masing-masing kepala bidang.
    • Identifikasi capaian dan kendala yang dihadapi selama enam bulan terakhir.
  2. Rencana Pelatihan dan Pengembangan SDM:
    • Penyusunan program pelatihan teknis dan non-teknis untuk karyawan.
    • Pembahasan anggaran pelatihan dan alokasi waktu.
  3. Kebutuhan Tenaga Kerja Baru:
    • Analisis kebutuhan tenaga kerja di setiap divisi.
    • Rencana rekrutmen untuk posisi yang masih kosong.
  4. Strategi Peningkatan Produktivitas:
    • Diskusi tentang langkah-langkah konkret untuk meningkatkan produktivitas karyawan.
    • Penerapan teknologi baru dan optimalisasi proses kerja.
  5. Kesejahteraan Karyawan:
    • Evaluasi program kesejahteraan yang sedang berjalan.
    • Rencana peningkatan fasilitas kerja dan tunjangan karyawan.

III. Pelaksanaan Rapat

1. Evaluasi Kinerja: Setiap kepala bidang mempresentasikan laporan kinerja bidang masing-masing. Beberapa bidang menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan, sementara yang lain mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Diskusi ini menghasilkan beberapa rekomendasi untuk perbaikan proses kerja dan peningkatan koordinasi antar bidang.

2. Rencana Pelatihan dan Pengembangan: Bagian Umum dan Kepegawian mempresentasikan rencana pelatihan untuk semester kedua tahun 2024. Pelatihan yang direncanakan mencakup aspek teknis seperti manajemen bencana, serta soft skills seperti komunikasi dan kepemimpinan. Rencana ini disetujui dengan beberapa penyesuaian terkait jadwal dan anggaran.

3. Kebutuhan Tenaga Kerja: Diterima laporan kebutuhan tenaga kerja dari masing-masing bidang, terutama pada posisi-posisi teknis yang kritis. Disepakati untuk segera membuka lowongan dan melakukan proses rekrutmen dalam waktu dekat.

4. Strategi Peningkatan Produktivitas: Diajukan beberapa inisiatif untuk meningkatkan produktivitas, termasuk penerapan sistem manajemen baru dan pelatihan penggunaan alat teknologi terbaru. Setiap bidang juga didorong untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan inovasi yang dapat meningkatkan efisiensi kerja.

5. Kesejahteraan Karyawan: Program kesejahteraan karyawan, termasuk asuransi kesehatan dan program cuti, dievaluasi dan direncanakan untuk ditingkatkan. Fasilitas kantor seperti ruang istirahat dan area rekreasi akan diperbarui untuk meningkatkan kenyamanan karyawan.

IV. Hasil dan Keputusan

Rapat ini menghasilkan beberapa keputusan penting, antara lain:

  • Pelaksanaan pelatihan karyawan yang lebih terstruktur dan terarah.
  • Pembukaan lowongan kerja baru untuk mengisi posisi yang kritis.
  • Implementasi strategi baru untuk meningkatkan produktivitas.
  • Peningkatan program kesejahteraan dan fasilitas kerja karyawan.

V. Penutup

Rapat ketenagaan di Aula 1 BPBD Provinsi Kalimantan Selatan berjalan dengan lancar dan menghasilkan beberapa keputusan strategis yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan. Semua peserta rapat berkomitmen untuk melaksanakan hasil rapat dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi, guna mencapai tujuan BPBD Kalsel dalam melayani masyarakat dengan lebih baik.