You are currently viewing Orang Hilang di Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut

Orang Hilang di Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut

Minggu (26/5) Pukul 12.00 WITA, terjadi insiden orang hilang di Desa Gunung Raja, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Kejadian ini telah menarik perhatian dan mobilisasi berbagai pihak terkait untuk melakukan upaya pencarian dan penyelamatan.

Dampak Kejadian: Hingga saat ini, satu orang masih dinyatakan hilang di lokasi kejadian. Tim BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, bersama dengan BPBD Kabupaten Tanah Laut, SAR Gabungan, dan masyarakat setempat, terus melakukan pencarian intensif untuk menemukan korban.

Pihak Terkait yang Terlibat:

  1. BPBD Provinsi Kalimantan Selatan
  2. BPBD Kabupaten Tanah Laut
  3. SAR Gabungan
  4. Masyarakat sekitar

Upaya yang Dilakukan: Tim gabungan telah melakukan observasi di sekitar lokasi hilangnya korban dan melaksanakan pencarian secara menyeluruh. Berbagai sarana dan prasarana juga telah diturunkan untuk mendukung operasi pencarian ini, di antaranya:

  • 1 Unit Strada Double Cabin
  • 1 Unit Trail
  • Peralatan Vertical Evakuasi
  • Drone untuk pemantauan udara
  • Penerangan
  • 7 Personel terlatih

Operasi pencarian terus berlangsung dengan harapan segera menemukan korban dalam keadaan selamat. Seluruh tim yang terlibat bekerja dengan semangat #SalamTangguh dan #SalamKemanusiaan, menunjukkan dedikasi dan komitmen mereka dalam menghadapi situasi darurat ini. Semoga upaya yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang positif dan korban dapat segera ditemukan.

Menindaklanjuti Laporan Orang Hilang di Gunung Raja, Kec. Tambang Ulang, Kab. Tanah Laut

Tim BPBD Provinsi Kalimantan Selatan yang dikomandoi oleh Bp. M Rizky Ramadan, S.Kom, bersama dengan BPBD Kabupaten Tanah Laut, Polda Kalsel, Pemerintah Desa, dan stakeholder lainnya, masih melakukan pencarian di lokasi yang dikabarkan sebagai tempat hilangnya orang tersebut.

Hingga saat ini, orang yang hilang belum ditemukan, dan pencarian sudah memasuki hari ke-7. Oleh karena itu, pencarian secara aktif ditutup oleh Kalaksa BPBD Kabupaten Tanah Laut pada pukul 12.00 WITA. Namun, monitoring akan tetap dilanjutkan apabila ada tanda-tanda yang memerlukan observasi kembali.

Sarana dan prasarana yang diturunkan dalam pencarian ini antara lain:

  • 1 unit motor trail
  • 1 unit mobil Strada double cabin
  • Peralatan evakuasi
  • Drone
  • Penerangan
  • Radio komunikasi
  • Parang
  • Kantong jenazah
  • Dan lain-lain

BPBD Provinsi Kalimantan Selatan mengirimkan 4 personel untuk melakukan pencarian di lokasi tersebut.

UPDATE TERKINI

Setelah enam hari pencarian, akhirnya lelaki lanjut usia (lansia) warga Desa Gunungraja, Kecamatan Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kusmani (66), ditemukan pada Rabu (29/5/2024) sore.

Warga RT 3 tersebut ditemukan dalam keadaan telah meninggal. Kondisi tubuhnya juga mulai rusak.

Upaya pencarian pada hari keenam ini pun lebih intensif. Polda Kalsel turun tangan dan menerjunkan satu ekor anjing pelacak. Kusmani ditemukan di lahan bondong (rawa) di belakang SPBU di wilayah RT 1 Dusun 1. Jaraknya sekitar 1,1 kilometer dari rumah korban, sebut Samsiar, kepala Desa Gunungraja.

Penemuan korban berawal ketika Momo, anak korban, saat menyisir kawasan bondong di sekitar belakang SPBU tersebut melihat sandal milik ayahnya. Sandal itu diyakini adalah sandal yang kerap dipakai sang ayah. Kemudian Momo menelepon kakaknya, Edo. Selanjutnya, Edo memberitahukan hal itu kepada pihak keluarga yang lain.

Enam orang kemudian melakukan penyisiran di sekitar ditemukannya sandal tersebut. Di antaranya yakni Barkati (ketua RT 5), Jarni, dan M Yusuf (anak korban). Tak lama setelah melakukan penyisiran, mereka menemukan tubuh korban mengapung di rawa setempat.

“Sekitar pukul 16.20 Wita ditemukannya,” sebut Samsiar. Evakuasi jenazah korban menunggu kedatangan petugas kepolisian. Selanjutnya, jenazah dievakuasi ke kamar jenazah RSUD Hadji Boejasin.

Sebagai informasi, Kusmani hilang sejak Kamis sore lalu. Sejak saat itu juga dilakukan pencarian oleh pihak keluarga bersama warga dan petugas gabungan.

Sumber : https://banjarmasin.tribunnews.com/2024/05/29/lansia-gunungraja-tala-ditemukan-tak-bernyawa-di-rawa-anjing-pelacak-sempat-didatangkan